Rasa Karya Cerita
Agustina Ermawati
September 09, 2020

Menulis di Buku Diary, Begini Manfaatnya!

Ketika ada yang bertanya perihal Siapa yang menemanimu berjuang? Jika diminta menyebutkan 1 jawaban, jawabannya beragam, ada yang menjawab pacar, teman, ibu, ayah, suami, dan sebagainya. Tidak ada yang salah dengan jawaban tersebut. 

Namun jika pertanyaan tersebut berbalik dipertanyakan kepada Saya, jawabannya adalah BUKU. Ya, salah satunya adalah buku Diary.

Tepat malam ini Saya membereskan meja belajar dan tanpa sengaja ingin sekali rasanya membaca berbagai coretan pena pada sebuah buku diary semasa kuliah. Mungkin jika tidak kutuliskan pada buku tersebut berbagai pengalaman yang menyenangkan maupun menyedihkan sudah terlupakan.

Beruntungnya, semua coretan tersebut dapat membantu Saya untuk kembali ke suatu masa yang sudah terlewati. Seakan Saya berada di waktu maupun tempat yang ada di dalam tulisan tersebut. Bagi Saya buku diary itu seperti teman berjuang. Saya bisa cerita tentang apa saja di buku itu-bahkan buku tersebut bisa membawa Saya mengingat segala hal ketika membacanya. 

Mengapa Saya menyebutnya sebagai teman berjuang? Karena banyak banget nih manfaat yang bisa Saya dapatkan ketika menulis di buku diary. Sewaktu masih duduk dibangku sekolah hingga lulus kuliah, Saya merasa menemukan “Teman” yang bisa menjadi tempat untuk bercerita segala hal. Selain itu, banyak banget manfaat yang bisa didapatkan dengan menulis di buku diary. 

1. Bebas Bercerita

Manfaat menulis di buku diary yang pertama yaitu bisa merasakan “kebebasan bercerita”. Apapun perasaan yang sedang dirasakan, Kita bebas lho menceritakannya dibuku diary tanpa takut di judge. Entah itu sedih maupun gembira bisa diungkapkan melalui sebuah tulisan.

 Kita juga bisa mencurahkan isi hati menggunakan gaya bahasa yang nyaman menurut versi Kita. Tentunya bercerita di buku diary itu sangat nyaman dan menyenangkan karena Kita bebas menggunakan gaya bahasa apapun tanpa takut perkataan Kita menyakiti hati orang lain. 

2. Melatih Kemampuan Menulis

Manfaat yang kedua yaitu mampu melatih “kemampuan menulis”. Dengan kebiasaan menulis di buku diary, kemampuan menulis Kita bisa terus meningkat. Hal tersebut bisa terjadi karena Kita sudah terbiasa merangkai sebuah kata kedalam bentuk suatu tulisan. 

Secara tidak sadar, kosa kata yang digunakan juga akan terus berkembang. 

Nah, saat disekolah maupun sudah kuliah, saat diminta untuk membuat karya tulis maupun membuat suatu karangan, Kita bisa mengerjakannya dengan mudah. Karena sudah mumpuni untuk merangkai kata-kata. 

3. Mampu Menenangkan Pikiran

Manfaat yang ketiga yaitu mampu “menenangkan pikiran”. Tidak jarang saat Kita menemui berbagai masalah yang menyebalkan maupun membuat sedih, tidak menutup kemungkinan jika Kita akan merasa emosi. Bahkan emosi tersebut bisa saja Kita lampiaskan ke orang lain yang tidak salah apa-apa. 

Nah, saat mengalami masalah yang bisa sangat menjengkelkan maupun membuat sedih, Kalian bisa lampiaskan apa yang ingin diungkapn dibuku diary. Dengan begitu, pikiran kalian bisa lebih tenang. 

Selain itu, emosi Kalian juga bisa dikendalikan dengan baik sehingga orang lain disekitar Kalian tidak akan menjadi pelampiasan masalah yang sedang dialami. 

4. Bisa Menjadi Penulis

Yang keempat, manfaat yang bisa dirasakan yaitu bisa menjadi “seorang penulis”. Apa hubungannya sih menjadi penulis dengan menulis buku diary itu? Tentu saja ada hubungannya lho guys.

Setelah kemampuan menulis meningkat, tidak menutup kemungkinan bagi Kalian untuk bisa menjadi seorang penulis. Jika dirasa memiliki keinginan dan niat yang kuat untuk terjun dibidang kepenulisan, Kalian bisa mencoba menjadi penulis freelance untuk website maupun penulis sebuah buku.

5. Membantu Mengingat Kembali Suatu Kejadian

Manfaat lainnya yaitu dapat membantu “mengingat kembali suatu kejadian yang sudah terjadi”. Mungkin jika tidak dituliskan di buku diary, berbagai kejadian lama akan sulit sekali untuk diingat.

Namun, dengan menuliskannya di buku diary, Kita bisa dengan mudah mengingatnya. Semua kejadian yang dituliskan di buku diary seperti terekam dituliskan tersebut. 

6. Sebagai Penghibur

Dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan diatas, mungkin manfaat yang keenam ini tidak semua orang mengetahuinya. Ternyata menulis di buku diary itu bisa dijadikan “media penghibur” lho. 

Saat memiliki waktu luang, Kita bisa membuka kembali dan membaca apa yang telah ditulis dibuku diary. Bahkan biasanya Kita bisa senyum-senyum sendiri saat membaca apa yang Kita tulis. Lumayan kan, saat kehabisan stok novel atau buku bacaan, Kita bisa menjadikan buku diary sebagai gantinya. 

7. Bisa Mengevaluasi Diri Sendiri

 

Manfaat menulis buku diary yang ketujuh yaitu bisa membantu “mengevaluasi diri sendiri”. Mengapa bisa demikian? Saat Kita membuka kembali dan membaca apa yang Kita tulis, tentunya Kita bisa mengetahui apa saja yang telah Kita lewati di masa tersebut. Entah itu hal yang sedih maupun bahagia. 

Saat membaca apa yang Kita tulis tak jarang Kita akan berfikir "lho dulu kok aku bisa setegar itu yah?" "Dulu kok Aku cengeng banget?". 

Nah, dengan begitu Kita bisa membandingkan antara Kita yang dulu dan Kita yang sekarang. Dengan begitu Kita bsia dengan mudah mengevaluasi diri Kita. Apakah sekarang sudah lebih baik dari dulu dan sebagainya.

Sampai disini dulu ya tulisan kali ini. Buat Kalian yang sudah memiliki buku diary dan rutin menuliskan segala hal disitu, Kalian beruntung! Kalian bisa merasakan manfaat seperti yang sudah dibahas diatas. Apabila belum pernah menulis di buku diary, masih belum terlambat lho. Kalian bisa mencobanya sekarang.